Visi dan Misi RPJMD Kabupaten Flores Timur Tahun 2017 – 2022

 

Desa Membangun Kota Menata

Bupati dan Wakil Bupati Flores Timur : Bpk. Antonius H. Gege Hadjon, ST dan Bpk. Agustinus Payong Boli, S.H.

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) adalah dokumen perencanaan pembangunan Daerah untuk periode 5 (lima) tahunan. RPJMD Kabupaten Flores Timur merupakan dokumen perencanaan pembangunan Daerah Kabupaten Flores Timur untuk periode tahun 2017 – 2022. Dokumen ini memuat Pendahuluan; Gambaran Umum Kondisi Daerah; Gambaran Keuangan Daerah; Permasalahan dan Isu Strategis Daerah; Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran; Strategi, Arah Kebijakan dan Program Pembagunan Daerah; Kerangka Pendanaan Pembangunan dan Program Perangkat Daerah; Kinerja Penyelenggara Perangkat Daerah; dan Penutup. Dokumen RPJMD Kabupaten Flores Timur telah ditetapkan melalui Peraturan Daerah Kabupaten Flores Timur Nomor 10 Tahun 2017 (Lembaran Daerah Kabupaten Flores Timur Tahun 2017 Nomor 10, Tambahan Lembaran Daerah Nomor 0151).

RPJMD Kabupaten Flores Timur Tahun 2017 – 2022 antara lain memuat Visi dan Misi Kabupaten Flores Timur.
Visi Kabupaten Flores Timur 2017 – 2022 adalah : “FLORES TIMUR SEJAHTERA DALAM BINGKAI DESA MEMBANGUN KOTA MENATA.”
Makna dari Visi tersebut adalah :

  1. Flores Timur Sejahtera adalah kondisi terpenuhinya kebutuhan masyarakat Flores
    Timur agar dapat hidup layak dan harmonis serta mampu mengembangkan diri
    dan lingkungannya.
  2. Desa Membangun Kota Menata adalah desa / kota yang memiliki kemampuan melaksanakan pembangunan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kehidupan
    masyarakatnya pada aspek Sosial, Ekonomi dan Ekologi sehingga menjadi tempat
    yang nyaman untuk permukiman dan pelayanan kemasyarakatan. Desa membangun kota menata merupakan satu kesatuan gerak seluruh masyarakat Flores Timur, baik yang berada di desa maupun di kota untuk mewujudkan kemandirian dan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi lokal menuju Flores Timur sejahtera.

Misi pembangunan Kabupaten Flores Timur merupakan rumusan upaya-upaya yang akan dilakukan oleh Pemerintah Daerah dalam rangka mewujudkan Visi Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Flores Timur Tahun 2017 – 2022 sebagai berikut :

  1. Selamatkan orang muda Flores Timur
  2. Selamatkan infrastruktur Flores Timur
  3. Selamatkan Tanaman Rakyat Flores Timur, dan
  4. Reformasi Birokrasi.

Misi Kesatu Selamatkan Orang Muda Flores Timur dimaksudkan agar pembangunan Flores Timur lima tahun ke depan mampu menciptakan suatu kondisi kehidupan yang memungkinkan orang muda Flores Timur dapat mengaktualisasi diri pada aspek ekonomi, sosial dan budaya dalam kehidupannya.
Misi Kedua Selamatkan Infratsruktur Flores Timur dimaksudkan agar pembangunan Flores Timur lima tahun ke depan mampu mewujudkan infrastruktur Flores Timur yang terjamin kualitas dan kuantitasnya dan mampu meningkatkan kinerja trasportasi dan memperlancar aksesibilitas wilayah.
Misi Ketiga Selamatkan Tanaman Rakyat Flores Timur dimaksudkan agar tanaman rakyat yang merupakan komoditi unggulan dan potensial ditingkatkan produktivitas dan nilai ekonominya.
Misi Keempat Selamatkan Laut Flores Timur dimaksudkan agar wilayah laut sebagai tempat kehidupan petani nelayan Flores Timur terpelihara ekosistem dan potensinya agar mampu memberi jaminan kehidupan yang layak bagi nelayan dan masyarakat pesisir Flores Timur.
Misi Kelima Reformasi Birokrasi dimaksudkan agar terwujudnya pemerintahan yang berdasarkan pada prinsip Good Gavernance dan Clean Government.

RPJMD

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: